Jumat, 11 Januari 2013

TUTORIAL PHOTOSHOP ( Efek Teks Kaligrafi)

Halooo.... Tumben nih ada kesempatan buat ngeshare tutorial photoshop :D.
Kali ini admin mau update cara membuat efek teks yang mungkin bisa diterapkan dalam berbagai karya lainya dan indah (bagi saya). 
Berikut adalah tutorialnya :

1. Buka Photoshop dan buat dokumen baru, admin menggunakan 1920x1200 piksel untuk ukuran. Lalu mengisi background dengan warna yang sangat gelap # 1f1e1e.
2. Dengan layer Background dipilih Layer> Layer Style> Gradient Overlay. Pilih abu-abu (# 707070) dan putih untuk warna. Mengubah Blend Mode ke Multiply dan Opacity menjadi 60%. Ubah Style k Radial. Pastikan bahwa putih di tengah. Apa yang akan terjadi adalah bahwa ketika kita membuat tepi gambar akan lebih gelap. 



3. Sekarang pergi ke Filter> Noise> Add Noise. Gunakan 2%, Gaussian dan pastikan Anda memilih Monochromatic. Menambahkan kebisingan gradien benar-benar baik karena membuat gradien lebih halus.


4. Setelah background sudah siap maka kita tambahkan teks apa saja yang ingin ditambahkan dan sesuaikan ukurannya dengan selera. Untuk jenis fontnya admin memilih " Edwardian Script " karena terlihat seperti kaligrafi dan bagus untuk dimodifikasi lagi. 

5. Setelah selesai menuliskan teks yang diinginkan sekarang kita tambahkan efek brush tambahan, untuk brush ini bisa di download disini.
setelah di dapat kan brush yang sesuai tinggal diterapkan dan disesuaikan ukuran serta posisinya dengan cara free transform (Ctrl+T) . (catatan: terapkan brush pada layer yang berbeda, ubah format layer teks agar menjadi gambar dan bisa diubah nantinya dengan cara pilih layer teks kemudian terapkan brush dan jika ada peringatan pilih option yes)


6. Satukan layer teks dan layer brush dengan menggunakan merge layer.


7. Pergi ke Layer> Layer Styles> Gradient Overlay. Gunakan Pink dan Biru untuk warna, Linear untuk Style, dan 90 º untuk sudut.


8. Setelah Gradient Overlay pilih Drop Shadow. Gunakan Multiply untuk Blend Mode, 120 º untuk Angle, 5 pixel untuk Distance dan 20 pixel untuk Size.


9. Setelah Drop Shadow pilih Bevel dan Emboss. Gunakan Inner Bevel untuk StyleSmooth untuk Technique, 190% untuk Depth. Untuk Direction gunakan Up, untuk Size tersebut menggunakan 6 pixel dan 8 pixel untuk Smooth. Sekarang untuk bagian Shading menggunakan 120 º untuk Angle, 30 º untuk Altitude. Untuk Highlight Mode gunakan Color Dodge dan putih untuk warna dengan Opacity 75%. Kemudian untuk Shadow Mode gunakan  Multiply dan hitam untuk warna dengan Opacity 45%.



10. tambahkan layer baru dan mengisinya dengan Pola baru Anda buat yaitu garis setengah gradien yang saya warnai dengan warna putih dah mengurangi opacitynya 50% . 



11. Tekan Control pada PC, klik pada thumb lapisan teks dalam Panel Layer. Dengan cara itu Anda akan membuat pilihan marquee dari lapisan teks. Ini cukup sederhana dan sangat berguna. Setelah itu pergi ke Layer> Layer Mask> Reveal Selection. Pola akan diterapkan hanya melalui teks .


12. Pilih semua lapisan yang digunakan untuk menciptakan efek teks dan duplikat mereka. Dan pergi ke Layer> Merge Layers. Setelah itu pergi ke Filter> Blur> Gaussian Blur. Gunakan 10 pixel untuk Radius . Mengubah Blend Mode ke Screen, yang akan menambah cahaya bagus untuk gambar.

13. Masukan tekstur kertas dan tempatkan di atas layer lainnya. Gambar dapat disave dibawah ini. Setelah itu ubah Blend Mode ke  Multiply.




 14. Tambahkan beberapa efek tabruran cahaya untuk mempercantik gambar seperti dibawah ini.









 SELAMAT MENCOBA :D

0 komentar:

Posting Komentar

Blogger Widgets